Apa itu Open Office.org Writer ?

          OpenOffice.org Writer adalah salah satu komponen dalam OpenOffice.org yang berfungsi untuk mengedit dokumen adapun dokumen format yang bisa digunakan adalah .doc .odt .rtf dan bisa export ke .pdf dengan sekali klik.

            Memiliki fitur pengolah kata modern seperti AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Styles and Formatting, Text Frames dan Linking, Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References, Illustrations, Tables.

         Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo cepat, sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman serta banyak gambar dan judul heading. Selain itu, kelebihannya adalah pengaturan formating untuk bullet and number yang sangat mudah (diatur terintegrasi melalui satu toolbar).

       OpenOffice.org Writer dapat berjalan di tempat sistem operasi yang berbeda, yaitu: sistem operasi Linux, Windows, Mac, dan Solaris.


Fungsi dari menu openoffice

Baris judul

Nama file yang sedang di buat, atau di edit pada openoffice,

            Pada gambar diatas, dokumen yang sedang aktif adalah Untitled 1, sedangkan OpenOffice.org Writer adalah nama program aplikasinya (application name). Jika Anda membuka dokumen baru lagi, secara otomatis Title Bar akan menunjukkan nama Untitled2, Untitled3, dan seterusnya.

Baris Menu

            Menu bar pada dasarnya merupakan kumpulan beberapa menu utama yang berfungsi sebagai perintah untuk mengolah dokumen pada OpenOffice.org Writer. OpenOffice.org Writer menyediakan sembilan menu yang terdapat pada menu bar. Kesembilan menu yang merupakan menu pull-down tersebut adalah File, Edit, View, Insert, Format, Table, Tools, Window, dan Help. Huruf bergaris bawah pada menu merupakan huruf kunci (shortkey) yang dapat Anda gunakan bersamaan dengan tombol ALT pada keyboard untuk membuka menu-menu tersebut. Sebagai contoh, kita dapat membuka menu Edit dengan menekan tombol ALT + E secara bersamaan.

Toolbar Standart

            Toolbar adalah sekumpulan perintah berbentuk gambar atau ikon yang dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Toolbar Standard adalah ikon-ikon utama yang dapat kita
gunakan untuk membuka, menyimpan, mencetak, menyalin, memotong file atau karakter
dalam dokumen OpenOffice.org Writer.

Horizontal Scroll Bar 

Bagian ini digunakan untuk menggeser jendela lembar kerja ke kiri atau ke kanan agar
bagian teks yang tidak terlihat karena halaman terlalu lebar menjadi terlihat.

Vertical Scroll Bar 

Bagian ini digunakan untuk menggeser jendela lembar kerja ke atas atau ke bawah agar bagian teks yang tak terlihat karena halaman terlalu panjang menjadi terlihat.

Kursor

Merupakan tanda penempatan teks atau objek.

Status Bar

Merupakan kotak yang terletak paling bawah pada program aplikasi OpenOffice.org Writer, dan berfungsi untuk menampilkan informasi halaman, gaya halaman, bahasa, ukuran tampilan, dan sebagainya.

Control Window 

Bagian kedua terletak di bagian kanan Title Bar. Bagian ini sering disebut Control Window
dan berfungsi untuk mengatur jendela lembar kerja OpenOffice.org Writer. Terdapat tiga
jenis ikon yang mempunyai nama dan fungsi yang berbeda, yaitu:

- Minimize, berfungsi untuk memperkecil tampilan layar OpenOffice.org Writer.
- Maximize dan Restore, berfungsi untuk memperbesar tampilan layar
OpenOffice.org Writer dan untuk mengembalikan ukuran tampilan jendela ke
ukuran semula.
- Close, berfungsi untuk menutup seluruh lembar kerja OpenOffice.org Writer dan

keluar dari programnya. Ikon ini sama dengan perintah File → Exit dari menu bar.

Related Posts:

0 Response to "Apa itu Open Office.org Writer ?"

Post a Comment