Belajar Aplikasi Raptor

Pertama tama kita akan membahas apa itu raptor ?

          RAPTOR merupakan pemrograman yang berbasis flowchart, RAPTOR dirancang khusus untuk membantu memvisualisasikan algoritma yang telah kita buat. Program RAPTOR diciptakan secara visual dan dieksekusi secara visual dengan menelusuri eksekusi melalui flowchart. Biasanya kita lebih suka menggunakan flowchart untuk mengekspresikan algoritma, dan lebih berhasil menciptakan algoritma menggunakan RAPTOR daripada menggunakan bahasa tradisional atau menulis flowchart tanpa RAPTOR.

Bagi sobat yang belum mempunyai aplikasi Raptor, dapat mendownloadnya disini.

         RAPTOR juga di lengkapi dengan proses generate flowchart ke beberapa source code yang sudah banyak di kenal seperti C++, Java, C# dan lain-lain. Sehingga pengguna tidak perlu lagi membangun dari awal sebuah source code, karena dari flowchart yang telah di buat langsung di terjemahkan ke Source Code oleh RAPTOR.

            Berikut merupakan interface dari Raptor. Disebelah kiri merupakan simbol-simbol yang dapat kita gunakan untuk membuat sebuah flowchart. 


Berikut adalah fungsi dari simbol-simbol diatas :





Operator dan Fungsi

Operator matematika dasar dan fungsi yang termasuk biasa (+, -, *, /) serta beberapa yang tidak biasa.

"**" dan "^" adalah exponentiation, seperti 2 ** 4 adalah 16, 3 ^ 2 adalah 9.
rem (remainder) dan mod (modulus) mengembalikan sisa (apa yang tersisa) ketika operan kanan membagi operan kiri, contoh : 10 rem 3 adalah 1, 10 mod 3 adalah 1 juga.
sqrt mengembalikan akar kuadrat, contoh : sqrt (4) adalah 2.
log mengembalikan logaritma natural, contoh : log (e) adalah 1.
abs mengembalikan nilai absolut, contoh : abs (-9) adalah 9.
ceiling pada seluruh nomor, contoh : ceiling (3,14159) adalah 4.
floor pada seluruh nomor, contoh : floor (10/3) adalah 3.
"+" juga bekerja sebagai operasi concatenation untuk menggabungkan dua string atau string dan angka, contoh : "rata-rata adalah" + (Jumlah / Angka).
length_of mengembalikan jumlah karakter dalam sebuah variabel string (juga jumlah elemen dengan sebuah array), contoh : Nama ← "Stuff" diikuti dengan Length_Of (Nama) adalah 5.

              Dalam RAPTOR, operator relasional dan operator logika hanya dapat digunakan dalam pengambilan keputusan sebagai bagian dari statement Selection dan Loop. Operator relasional adalah != = (tidak sama dengan), / = (tidak sama dengan), <,>,> = dan <=. Operator relasional mengembalikan nilai "Boolean" dalam "True"atau "False" (ya atau tidak). Sebagai contoh, operasi X < Y akan mengembalikanTRUE jika nilai yang tersimpan dalam variabel X kurang dari nilai yang disimpan dalam variabel Y. Jika tidak nilai FALSE dikembalikan. Hasil dari operasi relasional dapat digunakan oleh operator logika.

              Operator logika didefinisikan oleh tabel berikut. Operan yang digunakan oleh operator logika harus bernilai "Boolean" (artinya nilai-nilai yang dikembalikan oleh operator relasional atau operator logis).

sumber : http://www.rezapahlevi056.co.vu/2014/10/raptor-program-algoritma-simulasi.html

Related Posts:

0 Response to "Belajar Aplikasi Raptor"

Post a Comment