Modul 1 Pascal

A. TUJUAN
1. Mengenal bahasa pemrograman Pascal
2. Memahami struktur program Pascal
3. Mampu membuat program Pascal sederhana

B. DASAR TEORI

1. Struktur Program Pascal
PROGRAM nama_program; USES unit1, unit2, unit3;
CONST Deklarasi konstanta;
TYPE Deklarasi type data;
VAR Deklarasi variabel;
BEGIN Instruksi program Pascal pernyataan/statement
END.

2. Menjalankan Turbo Pascal

a. Dari menu Start > All Programs > Accessories > Command Prompt

b. Kemudian masuklah ke direktori yang tepat. Tanyakan pada dosen/instruktur, direktori mana yang memuat aplikasi Turbo Pascal (misalnya : C:\TP\BIN) cd; masuk ke direktori cd.. ; keluar dari direktori

c. Setelah masuk ke direktori yang sesuai, tulis TURBO, lalu tekan tombol . Contoh : C:\TP\BIN\TURBO.

3. Cara Memilih Menu 
Ketika anda sudah masuk ke aplikasi Pascal, maka yang anda lihat sesungguhnya adalah editor Pascal, yaitu suatu tempat bagi anda untuk menulis baris-baris pernyataan program. Pada editor tersebut, perhatikan baris paling atas yang memuat tulisan File, Search, Run, Compile, Tool, Option, Debug, Window, dan Help yang merupakan Menu Utama di dalam aplikasi Pascal dan masing-masing menu memiliki sub menu. Menu yang wajib dipahami adalah File, Edit, Run, dan Compile.

a. Cara Pertama 
1. Gunakan mouse untuk menggerakkan pointer di layar monitor ke arah menumenu yang tersedia

2. Left Click untuk memilih menu yang diinginkan.

b. Cara Kedua 
1. Menekan tombol <ALT>  dan huruf pertama dari menu yang diinginkan secara bersamaan. Misalnya ingin memilih menu File, maka yang perlu dilakukan adalah menekan tombol  <ALT> dan tombol <F> secara bersamaan. 

2. Gunakan tombol <ENTER>  untuk memilih sub menu yang ada.

4. Mengedit 

Perintah-perintah mengedit seperti menghapus, menggerakkan kursor (pointer), menggulung layar, dan lain-lain banyak yang sama dengan perintah pada MS WORD. a. Menggerakkan Kursor Untuk menggerakkan kursor, dapat menggunakan tombol panah, <home>, <page Up>, <page Down>, atau <end>

b. Operasi Blok 
1) Arahkan kursor pada awal blok. Kemudian tekan tombol <SHIFT> , lanjutkan dengan menekan tombol panah tapi tombol <SHIFT> jangan dilepas dulu. Arahkan tombol panah sampai posisi yang diinginkan.

2) Untuk menghapus arsiran blok, tekan tombol <CTRL><K><H> secara bersamaan

c. Menghapus (cut atau clear) 
1) <CTRL><T> : untuk menghapus 1 kata yang berada di kanan kursor 
2) <CTRL><Y>: untuk menghapus 1 baris pada kursor 
3) <CTRL><K><Y> atau <SHIFT><DEL> atau <CTRL><DEL> : untuk menghapus 1 blog

d. Menyalin (copy) 
1) Blok tulisan yang akan disalin (copy) 
2) Tekan tombol <CTRL><INSERT> atau <CTRL><K><C>
3) Untuk memindahkan (paste) tulisan yang telah disalin, tekan tombol <SHIFT><INSERT> .

5. Mengubah Direktori Kerja 
Direktori kerja merupakan direktori yang digunakan untuk menyimpan file-file program yang telah dibuat. Secara default, direktori kerja sama dengan direktori sistem aplikasi. Untuk mengubah direktori kerja, buka menu File, lalu pilih sub menu Change Dir. Setelah muncul kotak dialog Change Directory, ketiklah alamat lengkap direktori yang diinginkan pada Directory name, kemudian pilih tombol OK. Tanyalah pada dosen/instruktur dimana letak direktori kerja anda.

6. Memulai Mengetik Teks Program (New) 
Ketika aplikasi Pascal dijalankan, secara default akan menyediakan lembar kerja baru. Sehingga dapat digunakan langsung untuk mengetikkan kode program. Untuk membuat lembar kerja baru, buka menu File, kemudian pilih sub menu New.

7. Menyimpan Program (Save atau Save As) Untuk menyimpan program yang telah dibuat, tekan tombol <F2> atau buka menu File, kemudian pilih sub menu Save. Jika ingin menyimpan degan nama dan/atau pada direktori lain, gunakan sub menu Save As. File program Pascal disimpan dengan ekstensi .PAS.

8. Membuka Program (Open) 
Untuk membuka program yang sudah pernah dibuat, buka menu File, kemudian pilih sub menu Open atau langsung tekan tombol <F3> , kemudian cari file program yang ingin dibuka kembali.

9. Kompilasi (Compile) Program dapat dijalankan apabila telah di-compile terlebih dahulu. Cara melakukan compile adalah dengan menekan tombol <ALT><F9> secara bersamaan atau dengan cara membuka menu Compile, kemudian pilih sub menu Compile. 

10. Menjalankan Program (Running Program) Setelah di-compile, program dijalankan dengan menekan tombol <CTRL><F9>  atau dengan membuka menu Run, dan pilih sub menu Run.

Related Posts:

0 Response to "Modul 1 Pascal"

Post a Comment